Kenapa Akhir-akhir ini Masih Turun Hujan ? inilah Penyebabnya

oleh -384 views
Kenapa Akhir-akhir ini Masih Turun Hujan ? inilah Penyebabnya
Hujan yang sering menguyur di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. (Foto: Rio/SuryaNenggala)

Kenapa Akhir-akhir ini Masih Turun Hujan ? inilah Penyebabnya

www.suryanenggala.id-Nganjuk. Kenapa Akhir-akhir ini Masih Turun Hujan ? inilah Penyebabnya.
Dalam beberapa hari ini hujan masih mengguyur sejumlah wilayah dikabupaten Nganjuk dan sekitarnya. Seperti hari ini Senin 21/06/2021 sejak pagi hari wilayah Kab. Nganjuk sudah diselimuti mendung.

Hal tersebut menimbulkan tanda tanya bagi masyarakat Nganjuk dan sekitarnya yang biasanya di bulan Juni-juli sudah masuk masa peralihan musim dari hujan ke kemarau Potensi hujan ini masih berlangsung bahkan sebagian wilayah di Jawa Timur sudah memasuki musim kemarau.

Baca juga:

Menurut informasi yang didapatkan oleh awak Surya Nenggala dari Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Juanda, Teguh Tri Susanto menerangkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Adanya gangguan MJO (Madden Julian Oscilation) Merupakan aktivitas intra seasonal yang terjadi di wilayah tropis yang dapat dikenali berupa adanya pergerakan aktivitas konveksi yang bergerak ke arah timur dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik yang biasanya muncul setiap 30 sampai 40 hari.

Lebih lanjut Teguh melalui sambungan Whatsapp Senin 21/06/2021 menjelaskan faktor lainya kenapa curah hujan masih tinggi dibeberapa wilayah di Jawa Timur yaitu adanya fenomena gangguan gelombang atmosfer ini juga akan berpengaruh dalam 3-5 hari kedepan. Gangguan gelombang amtmosfer ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan-awan dan berpotensi menjadikan udara basah yang mengakibatkan tingginya intensitas hujan di sebagian wilayah Jawa Timur.

(Rio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *