Surya Nenggala

Pemda Brebes Gelar Verifikasi Lapangan Hybrid Dan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

(Foto:Ir/SuryaNEnggala)

Pemda Brebes Gelar Verifikasi Lapangan Hybrid Dan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

www.suryanenggala.id– Brebes. Bertempat di Aula Baperlitbangda Kabupaten Brebes digelar verifikasi lapangan hybrid (VLH) dan Kabupaten layak anak (KLA) tahun 2021. Rabu (16/6/2021) kemarin.

Kegiatan yang dihadiri oleh asisten gugus kebijakan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI melalui zoom dengan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE, M.H. didampingi Sekda Kab Brebes Ir. Djoko Gunawan MT, kepala gugus depan layak anak Edy Kusmartono dan ajarannya.

Asisten Deputi perumusan kebijakan Deputi pemenuhan hak anak Kementerian Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak RI Yanti mengatakan penduduk usia anak di bawah 18 tahun tercatat sebanyak 84,4 juta jiwa atau 31,6 % dari penduduk Indonesia.

“Perlindungan hak-hak anak Indonesia adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua”

Yanti mengungkapkan KLA merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang di lakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Sementara Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE, M.H menyampaikan bahwa Kab. Brebes telah melakukan evaluasi pelaksanaan kabupaten layak anak sejak tahun 2010 hingga sekarang dan hasil evaluasi di tahun 2019 mendapat penghargaan kabupaten layak anak tingkat Nindia, katanya

Predikat Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan ramah anak tingkat Nasional diantaranya diraih oleh SDN 1 Brebes, SMPN 5 Brebes dan SMAN 2 Brebes.

Pemda Brebes Gelar Verifikasi Lapangan Hybrid Dan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

Lanjut Idza Kabupaten Brebes telah mengembangkan 921 sekolah ramah anak yang sebelumnya hanya 300 sekolah ramah anak yang awalnya juga baru 20 dan sekarang sudah mencapai 921 sekolah ramah anak.

Selain itu Kabupaten Brebes juga telah mengembangkan 511 madrasah ramah anak. Sejak tahun 2012 telah dikembangkan seluruh kecamatan yang ada di Kab. Brebes sebanyak 17 kecamatan dan telah dirintis 150 desa dan kelurahan layak anak dari jumlah 297 desa secara perlahan dan bertahap pungkas Idza.

Kegiatan pelaksanaan Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi KLA (Kabupaten Layak Anak) tahun 2021 turut juga dihadiri Kepala Baperlitbangda, Kepala DP3KB, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes, Kepala BPBD, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Kepala Satpol PP, Kepala Kantor Kesbangpol, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Puskesmas, Kanit PPA Polres Brebes, Camat Bumiayu, Kepala Desa Parereja, Kepala Desa Mlayang, Sekretaris Desa Cenang, Fasilitator
Nasional Sekolah ramah Anak, Fasilitator nasional Sekolah ramah Anak, Ketua PPT TIARA ” Kabupaten Brebes, Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP), Ketua Forum Pendamping Anak, Ketua Desa Wlahar, Ketua Satgas PPA Kabupaten Brebes, Ketua PWI Kabupaten Brebes, Pimpinan PT. Charoen Pokphand Indonesia Cabang Brebes
Pimpinan Bank Brebes, Ketua Fatayat NU, dan Ketua Nasyiatul Aisyiah Kabupaten Brebes.

(IR)

Exit mobile version