Pemkab Ponorogo Sajikan Data Akuntabel Lewat Dashboard Statistik

oleh -31 Dilihat
Suasana peluncuran Dashboard Statistik. (Dok: Kominfo Ponorogo)

Pemkab Ponorogo Sajikan Data Akuntabel Lewat Dashboard Statistik

www.suryanenggala.id– Ponorogo. Cara cerdas Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia (SDI). Cara tersebut berupa pembangunan aplikasi berbasis website yang disebut Dashboard Statistik.

Basis Aplikasi ini telah diluncurkan resmi pada Rabu (16/6/2021), di Ruang Bantarangin Gedung Graha Kridha Praja Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

Najib Susilo Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kab. Ponorogo melalui Sekretaris Dinas Gulang Winarno, usai peluncuran menyatakan, pembangunan aplikasi ini merupakan langkah dari Dinas Kominfo dan Statistik sebagai walidata Kabupaten Ponorogo untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan alias akuntabel, mudah diakses dan dibagipakaikan.

Gulang Winarno saat meluncurkan aplikasi berbasis website Dashboard Statistik mengatakan “Kami memiliki komitmen untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden No. 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia atau SDI. Karena itu, kami membangun aplikasi ini (Dashboard Statistik). ” ungkap Gulang Winarno.

Pemkab Ponorogo Sajikan Data Akuntabel Lewat Dashboard Statistik
Ahmad Agus Arif saat memberikan Paparan

Dalam kegiatan yang bersamaan dengan Rapat Koordinasi Metadata Statistik ini, Gulang menambahkan “Salah satu prinsip SDI adalah data statistik yang dihasilkan memiliki dokumen metadata statistik. Yaitu informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan serta memudahkan pencarian, penggunaan dan pengelolaan informasi data. ” Kata Gulang.

Selanjutnya, masih dijelaskan Gulang “Rapat sendiri kita gelar dengan menghadirkan seluruh SKPD agar SKPD mampu melengkapi metadata kegiatan statistik sektoral instansi bersangkutan sehingga tersedia data statistik sektoral yang lengkap. ” jelas Gulang.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ahmad Agus Arif, KF IPDS Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ponorogo. Pemateri ini memaparkan tentang langkah dan pentingnya mewujudkan Satu Data Indonesia di Kabupaten Ponorogo.

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *