Lulusan Universitas Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

oleh
sumber: gagasanonline.com

Lulusan Universitas Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

www.suryanenggala.id-Perguruan tinggi di Tanah Air telah banyak menghasilkan sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Ke depan yang perlu ditekankan bahwa lulusan perguruan tinggi (PT) memiliki dedikasi untuk membangun bangsa. Berbagai aspek kehidupan harus dikuasai agar bisa bersaing menuju visi Indonesia Maju.

“Lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemajuan bangsa. Juga untuk kemanusiaan. Juga untuk toleransi dalam kebhinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar. ”ungkap Presiden Joko Widodo.

Tak hanya itu, Presiden juga meminta lulusan PT harus memiliki karakter pembelajaran yang kuat. Update pengetahuan sangat penting karena masa depan penuh dengan disrupsi, penuh dengan perubahan.

“Ini arus perubahan cepat sekali, bahkan penuh dengan kompetisi. Tanpa belajar terus menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek yang berkembangnya sangat cepat. ”tambahnya.

Jokowi berharap lulusan PT bukan hanya punya kemampuan akademik, tapi juga inovasi yang kuat dan mampu menjadi problem solver terhadap masalah sosial. Bukan hanya karya ilmiah, tapi memecahkan masalah sosial melalui inovasi dan kewirausahaan.

Lulusan perguruan tinggi dituntut harus bisa menguasai iptek yang terbaru yang mungkin saja belum dikuasai oleh kampus, tapi sudah berkembang di dunia industri. Lantas keterlibatan industri di kampus juga sangat penting.
“Lulusan kita jangan hanya siap mengikuti lapangan kerja tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja. Ini pentingnya pendidikan kewirausahaan dan interaksi intensif dengan industry. ”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *