Indosat Ooredo Siap Hadirkan Internet 5G di Indonesia

oleh
Indosat Ooredo Siap Hadirkan Internet 5G di Indonesia
Sumber: bukanandroid.com

Indosat Ooredo Siap Hadirkan Internet 5G di Indonesia

www.suryanenggala.id-Indosat Ooredo menyusul operator seluler (ospel) pelat merah Telkomsel yang sudah bisa menggelar 5G di Indonesia. Hal ini setelah Indosat resmi mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kemenkominfo telah menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G buat Indosat Ooredoo. Sebelum mengantongi SKLO, salah satu opsel pertama dan tertua di Indonesia itu juga sudah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) pada 3-4 Juni 2021 di area Monumen Nasional (Monas), Jalan Merdeka Barat dan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
“Hari ini Indosat juga telah berhasil menjadi operator telekomunikasi berikutnya yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk komersialisasi layanan 5G. ”ujar Menkominfo Johnny G.Plate dalam jumpa pers yang disiarkan secara virtual.

Baca juga:

Dengan diterbitkannya SKLO, berarti Indosat Ooredoo resmi menjadi operator seluler kedua yang bisa menghadirkan layanan 5G secara komersial kepada pelanggan. Sebagaimana diketahui, sebelumnya ada Telkomsel yang juga sudah mendapatkan SKLO dan sudah sah menggelar layanan 5G di beberapa wilayah terbatas di tanah air.

Johnny menambahkan, dengan diterbitkannya SKLO 5G tersebut menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun oleh Indosat secara teknis siap dioperasikan.
“Khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 megahertz atau 1,8 gigahertz dengan lebar pita 20 megahertz dalam rentang 1837,5 megahertz sampai 1857,5 megahertz. ”tambah Johnny.

Politikus Partai Nasdem itu menyebut, layanan 5G diharapkan akan berkembang dalam waktu yang tidak terlalu lama dan akan terus diperluas berdasarkan pertumbuhan permintaan pasar di lokasi-lokasi lainnya. Selain di Pulau Jawa, penggunaan jaringan 5G juga akan diterapkan pada tempat-tempat yang menjadi prioritas utama destinasi wisata di antaranya kawasan Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Kupang.

(Tim)

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *