Site icon Surya Nenggala

Ada Kesalahan Sistem BMKG Tegaskan Tak Ada Gempa 8,5 M

Ada Kesalahan Sistem BMKG Tegaskan Tak Ada Gempa 8,5 M

bmkg.go.id

Ada Kesalahan Sistem BMKG Tegaskan Tak Ada Gempa 8,5 M

www.suryanenggala.id- Beredar pesan lewat short message service (SMS) berisi peringatan gempa berkekuatan magnitudo 8,5 dengan potensi tsunami di Provinsi Jawa Timur, NTB, Bali, NTT, hingga Jawa Tengah dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Hal ini membuat BMKG menjadi trending di media sosial Twitter.
“Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG, ”tulis pesan yang dikirim oleh KominfoBMKG,

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan sedang melakukan investigasi perihal pesan singkat peringatan dini tsunami dari gempa magnitude 8,5 yang diterima sejumlah masyarakat.
Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan peringatan tersebut.
“Sedang diinvestigasi kerana petugas kami tidak melakukan eksekusi, ”ujar Daryono.

Daryono menegaskan saat ini dalam kondisi aman.
“Pusat Gempa Nasional/InaTEWS BMKG Jakarta saat ini dalam kondisi aman. Masalah ini sedang kita investigasi. ”katanya melalui akun twitternya.

Daryono pun meminta masyarakat tetap tenang, karena saat ini hasil monitoring BMKG tidak sedang terjadi gempa magnitudo 8,5 di wilayah Indonesia. Dia pun memastikan masalah ini sedang diinvestigasi.
“Masyarakat diimbau tetap tenang, karena saat ini hasil monitoring BMKG tidak sedang terjadi gempa M8,5 di wilayah Indonesia.Secara ofisial BMKG tidak mengeluarkan Peringatan DIni Tsunami. Permasalahan sedang diinvestigasi. ”ujar Daryono.

Baca juga:

Daryono enggan menjelaskan secara rinci kenapa peringatan dini tersebut keluar. Namun, perlu diketahui bahwa BMKG menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak dalam mengirim peringatan dini kepada masyarakat melalui pesan singkat.

Lebih lanjut, Daryono menegaskan sistem BMKG saat ini tidak mencatat adanya gempa berkekuatan magnitudo 8,5. Secara resmi, dia juga mengklaim tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami.
“Nanti ada pernyataan resmi setelah investigasi. ”terangnya.

Sejumlah masyarakat dilaporkan menerima pesan singkat dari KominfoBMKG perihal adanya peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan magnitudo 8,5. Namun, tanggal pada pesan itu pada 4 Juni 2021.

Sementara itu, BMKG pun telah mengonfirmasi bahwa hal ini merupakan kesalahan dari sistem.
“Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST Peringatan Dini Tsunami di JATIM, NTB, BALI, NTT, JATENG, BMKG. ”tulis KominfoBMKG, mengkonfirmasi lewat pesan singkatnya.
(Tim)

Exit mobile version