Go Green Bersama Sekolah “Adiwiyata” SDN Ujungnegoro 01 Kec. Kandeman Kab. Batang

oleh
Go Green Bersama Sekolah “Adiwiyata” SDN Ujungnegoro 01 Kec. Kandeman Kab. Batang
Kepala Sekolah Beserta Tenaga Pendidik SDN Ujungnegoro 01 Kec Kandeman Kab Batang (Foto:Tgh/SuryaNenggala)

Semangat SDN Wonokerso 01 Kandeman Menuju Sekolah Adiwiyata Di Era Pandemi Covid-19

www.suryanenggala.id-Batang. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

SDN Ujungnegoro 01 mendapatkan predikat sekolah adiwiyata tingkat propinsi bekerjasama dengan BPI (Bimasena Power Indonesia) dalam membangun lingkungan hijau (Go Green). Dalam pelaksanaannya, kekompakkan guru, siswa, serta korelasi dengan warga sekitar sangat mendukung. Sehingga pelaksanaan program adiwiyata ini dapat terlaksana secara maksimal. Adapun program yang menjadi tujuan utama Adiwiyata di SDN Ujungnegoro 01 adalah kegiatan pembuatan MOL dan kompos (pupuk alami). Pemanfaatan limbah botol plastik untuk kerajinan, bank sampah, pembibitan tanaman (TOGA) di Green House, pengurangan plastik pembungkus makanan dengan menggunakan mangkok dan gelas yang disediakan di dalam kelas masing-masing, menjalin mitra kerjasama dengan desa dan masyarakat di sekitar.

Go Green Bersama Sekolah “Adiwiyata” SDN Ujungnegoro 01 Kec. Kandeman Kab. Batang
Muh Budiyanto, S.Pd.SD,M.Si selaku Kepala Sekolah SDN Ujungnegoro 01
Baca juga :

Muh Budiyanto,S.Pd.SD,M.Si selaku Kepala Sekolah Dasar Negeri Ujungnegoro 01 saat dikonfirmasi pada hari Jum’at (16/04/2021). Menjelaskan bahwa belajar tidak hanya di dalam kelas tetapi lingkungan sekolah juga dapat dijadikan pembelajaran anak. Baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Melalui pernyataan ini jelas bahwa Kepala Sekolah Dasar Negeri Ujungnegoro 01 sangat pro aktif. Dalam menggalakkan program adiwiyata di SDN Ujungnegoro 01.

“Kami membiasakan setiap hari Senin sebelum mulai aktifitas. Selalu mengadakan semacam breafing yang intinya adalah doa bersama untuk kemudahan, kelancaran, kesuksesan dan kesehatan bagi guru, siswa dan bagi seluruh warga sekolah. Disamping itu juga menyampaikan hal hal apa yang akan dilakukan dalam pekan ini. Harapan kami predikat yang sudah diperoleh sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi bisa dipertahankan. Dan kami berkomitmen adiwiyata yang telah diberikan akan selalu kami laksanakan. Segala fasilitas akan kami pelihara kemudian langkah-langkah yang kemaren sudah ditemput tetap kami jalankan.” Beber Muh. Budianto kepada Surya Nenggala.

Hal senada juga disampaikan Ginanjar Widodo, S.Pd selaku guru kelas VI mengatakan bahwa dengan adanya program adiwiyata, siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan dan memperoleh pembelajaran yang lebih menyenangkan. Sejatinya anak akan merasa bosan dan berkurang fokusnya jika selalu belajar pada ruang kelas, dengan adanya penghijauan lingkungan (Go Green) menjadi salah satu alternatif tempat belajar yang menyenangkan.

Selain melaksanakan program adiwiyata di sekolah sendiri, SDN Ujungnegoro 01 juga melakukan sosialisasi pada SD imbas program adiwiyata. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong sekolah lain untuk sadar akan potensi lingkungan sekolah yang dimiliki agar lebih dikelola secara maksimal. Hal ini merupakan suatu pengalaman yang berharga bagi kami keluarga besar SDN Ujungnegoro 01 dapat memberikan sumbangsih berupa pengetahuan tentang penghijauan lingkungan (Go Green) agar sekolah menjadi lebih sejuk, asri dan menyenangkan sebagai ruang belajar.
(Tgh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *