Surya Nenggala

Bantu Pemerintah Jatim Tangani Pandemi Covid-19, Wagub Emil Beri Apresiasi Para Kepala Desa

Penghargaan SN Award 2021 yang dihadiri Wagub Jawa Timur (foto: Surya Nenggala)

Bantu Pemerintah Jatim Tangani Pandemi Covid-19, Wagub Emil Beri Apresiasi Para Kepala Desa

www.suryanenggala.id Surabaya .  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi upaya Kepala Desa (Kades) di Jatim yang berupaya menyelamatkan warganya dari ancaman wabah Virus Corona (2019-nCov) alias Covid-19 yang hingga kini masih bertengger di Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Emil Dardak, sapaan akrab sang wakil gubernur Jatim saat menghadiri acara Public Leader Award 2020 di Royal Tulip Hotel Surabaya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak bersama Pimpinan Redaksi Surya Nenggala Media, Bang jack (dok: Surya Nenggala)

Menurut Emil, langkah para kepala desa mendedikasikan dirinya hingga berinisiatif ikut menangani persoalan Covid-19 di wilayahnya masing-masing tersebut sejalan dengan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Kepala Desa sebagai pemimpin dan tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan kasus Covid di masyarakat. Covid-19 memang membutuhkan dukungan dari seluruh elemen termasuk para Kepala Desa. Dukungan dari Kepala Desa sebagai tokoh sangat penting untuk menggerakkan masyarakat. Saya harap, penanganan kasus Covid-19 di Jatim yang dilakukan para Kades ini dapat memotivasi dan menjadi teladan semua pihak,” papar Emil Elestianto Dardak saat menghadiri acara Public Leader Award 2020 di Royal Tulip Hotel Surabaya, Rabu (07/04/2021).

Lebih lanjut Emil mengatakan dalam usaha menyetop penyebaran virus, pemerintah Jawa Timur masih terus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yang berbasis langsung dari masyarakat. Sehingga program pemetaan kasus Covid dari tingkat desa dan kelurahan berbasis masyarakat bertajuk kampung Tangguh berjalan dengan baik. “Kita ada Kampung Tangguh, yang sekarang diintegrasikan ke dalam PPKM Mikro yang juga menekankan adanya pemetaan kasus Covid dari tingkat desa dan kelurahan. Lalu di zonasi mulai dari zona merah hingga hijau, dan pembatasan sesuai dengan instruksi Mendagri,” tambah Emil.

dokumentasi Surya Nenggala

Pada gelaran Public Leader Award 2020 yang diinisiasi Surya Nenggala (SN) Media itu, ada 10 Kades yang mendapatkan penghargaan. diantaranya adalah Kades Ngebel Ponorogo Baskara Wida Mandala, Kades Candi Mulyo Madiun Elya Widiastuti, Kades Glonggong Madiun Hartoyo, Kades Kedungpanji Madiun Sugeng, dan Kades Kebonsari Madiun Dyah Kurniati, Kades Tambakmas Madiun Sugeng Wibowo, Kades Ngreco Kediri Ahmad Bahrudin, Kades Kawedusan Blitar Ahmad Farried, Kades Banjarejo Bojonegoro Moch Sahroni dan Koordinator SN Media Madiun Sudjatmiko.

“Terima kasih dan selamat kepada para kepala desa dan semua pihak atas raihan kerja keras dan kerja cerdas yang dilakukan untuk menekan dan menurunkan angka kasus Covid-19 dan membantu memulihkan ekonomi masyarakat. Terima kasih juga untuk pihak penyelenggara. Sinergitas antara media dan perangkat desa ini sangat penting. Untuk itu saya sangat mengapresiasi,” katanya.

Agar pandemik Covid-19 bisa cepat berlalu Wagub Emil berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dimana pun mereka berada. Sebab, angka kasus pandemi Covid-19 mulai melandai jika dibandingkan di awal tahun., masyarakat diharapkan untuk tidak lengah dan terlena.

“Saya minta masyarakat tidak lengah dan tetaplah menerapkan protokol kesehatan Karena, kasus Covid-19 dapat kembali meningkat jika tidak diimbangi penerapan protokol kesehatan secara ketat,” pungkasnya.

(TK)

Exit mobile version