Site icon Surya Nenggala

Akhirnya Ever Given Bisa Kembali Berlayar, Namun Terusan Suez Masih Macet

(foto: Instagram @bbcnews)

Akhirnya Ever Given Bisa Kembali Berlayar, Namun Terusan Suez Masih Macet

www.suryanenggala.id – Surabaya. Beberapa waktu lalu diketahui Kapal kotainer Ever Given yang tersangkut di Terusan Suez hampir sepekan lamanya akhirnya Kapal tersebut telah berhasil diapungkan kembali pada Senin (29/03/2021) kurang lebih sekitar pukul 3 sore waktu Mesir.

Sebelum berhasil dievakuasi secara penuh, dilakukan beragam upaya termasuk mengeruk dan menggali sisi timur kanal untuk membebaskan Ever Given. Pada Senin pagi waktu setempat, SCA dan tim dari perusahaan Belanda Smit Salvage telah berhasil mengapung kembali sebagian Ever Given.

Otoritas setempat mengerahkan puluhan kapal penarik, dan berharap pada kekuatan alam seperti air pasang untuk membebaskannya.  Dirayakan dengan Klakson Setelah kembali mengapung, kapal Ever Given dibawa ke Danau Great Bitter, di tengah Terusan Suez, untuk menjalani inspeksi teknis.

“Akhirnya, dia terbebas,”  jelas sumber yang ikut dalam operasi itu seperti dikutip Sky News Senin (29/03/2021).

Namun meski Kapal tersebut telah berhasil dibebaskan namun didapati masih terjadi kemacetan di jalur perairan tersebut.

Menurut ketua Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie ada 422 kapal yang tengah mengantre untuk melewati kanal tersebut. Kapal-kapal yang menunggu untuk transit di kanal tersebut termasuk puluhan kapal kontainer, kapal curah, kapal tanker minyak dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas petroleum cair (LPG).

Osama Rabie mengungkapkan kemungkinan besar lalu lintas akan kembali normal dalam empat hari.

“Kami akan bekerja siang dan malam untuk mengakhiri backlog,” ujarnya pada wartawan seperti diberitakan Reuters.

Sebelumnya Ever Given tersangkut secara diagonal di bagian selatan kanal akibat angin kencang pada 23 Maret lalu. Butuh waktu hampir sepekan untuk membebaskan kapal ini. Petugas mengatakan sekitar 30.000 meter kubik pasir telah dikeruk untuk mengapungkan kembali kapal kontainer berbobot 224.000 ton itu. Selain itu total 11 kapal tunda dan dua kapal tunda laut yang kuat digunakan untuk menarik kapal tersebut.

Seperti yang kita ketahui Ever Given merupakan salah satu kapal kontainer terbesar di dunia. Usai kejadian tersebut SCA menyatakan tidak akan mengubah kebijakannya untuk menerima kapal-kapal dengan ukuran serupa.

Karena kandas selama enam hari, kerugian yang diderita dunia mencapai 6,5 miliar poundsterling (Rp 129,3 triliun) setiap harinya.

(TIM)

Exit mobile version